Rabu, 10 Juni 2015

SBMPTN

Halo-halo, gimana kabarnya nih? Khususnya buat yang kelas 12, ga kerasa ya UN udah kelewat begitu aja, perasaan baru sekitar 3 tahun yang lalu masuk SMA. -_-
UN telah berakhir, tapi bukan berarti
penderitaan perjuangan juga berakhir. Kini, para pelajar mulai menata hati, mempersiapkan diri untuk belajar buat SBMPTN. Baru selesai, udah belajar lagi. Hayati lelah bang :(
Hidup itu keras, Hayati!
Mau gimana lagi, dengan tingkat kesulitan soal yang lebih tinggi dan tingkat persaingan yang lebih ketat, kalian mesti mempersiapkan materi pelajaran SBMPTN dengan semaksimal mungkin. Bagi yang belum bedanya soal UN dan SBMPTN coba baca dulu tulisan ini "Bedanya Belajar untuk UN dengan SBMPTN".
nasar meme
Selain persiapan materi pelajaran, ada satu hal penting yang juga perlu lo ketahui, yaitu pemahaman tentang informasi penting dan aturan-aturan dalam proses seleksi SBMPTN ini. Sebetulnya sih, secara umum peraturan SBMPTN tahun 2015 ini masih bisa dibilang cukup mirip dengan tahun 2014 lalu, jadi buat alumni yang udah ikut SBMPTN 2014, kalian bisa baca tulisan ini sambil merem, sambil kayang atau sambil apalah..
Tapi buat lo yang kelas 12 SMA atau buat yang baru pertama kali menempuh SBMPTN, tulisan ini penting banget buat lo, karena sebelum lo mulai "bertempur" ada bagusnya lo harus tau dulu "aturan main"-nya dulu. Apa sepenting itu ya memahami peraturan? Bisa gua bilang penting banget, biar ga salah langkah dan salah sangka. Misalnya aja, peraturan membolehkan kamu tes di kota yang deket rumahmu, tapi karena lo ga ngerti, lo tes di luar provinsi, kan jadi rempong cyiiiin...!!
Oke buat yang belum tau, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN) itu merupakan seleksi yang diadakan oleh sekumpulan PTN berupa ujian tertulis secara serentak untuk menjaring calon mahasiswa baru dengan nilai terbaik sesuai dengan kuota masing-masing PTN. Jadi soal seleksi untuk yang pengen masuk UGM, UI, UNAIR, UNHAS dan semua PTN lain semua sama. Namun ga seperti di SNMPTN, persaingan di SBMPTN juga melibatkan alumni lulusan 2 tahun kebelakang (lulusan 2014 dan 2013), jadi bakalan lebih greget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar